asuransiplan



asuransibaru@yahoo.com

Mengetahui Program Asuransi Unit Link

06/09/2014 21:59

Unit link termasuk dalam jenis asuransi non tradisional. Unit link merupakan asuransi dengan dua manfaat, yaitu untuk proteksi sekaligus investasi. Uang premi yang kita bayarkan sebagian dimanfaatkan untuk membayar proteksi asuransi dan yang sebagian lagi ditempatkan pada instrument pasar modal sebagai manfaat investasi.

Pengguna unit link akan diminta memilih dimana mereka akan menempatkan investasinya, apakah pada reksadana saham, reksadana fixed income, reksadana campuran, ataukah pada instrumen pasar uang.

Karena terkait dengan pasar modal, maka sebenarnya nilai produk unit link ini tergantung pula dari kondisi pasar modal tersebut. Sehingga, harus diketahui bahwa nilai investasi unit link ini tidak bisa dibilang lurus selalu naik, namun tetap mengikuti fluktuasi pasar yang berlaku. Sayangnya, masih banyak agen asuransi yang menjelaskan produk ini dengan kurang tepat sehingga terkadang customer merasa salah pengertian terhadap produk ini. Sehingga, terkadang masih bingung menentukan asuransi unit link terbaik untuk mereka pilih.

Sudah sewajarnya apabila pemegang polis juga benar-benar memperhatikan serta mau mempelajari produk unit link ini dengan saksama. Dapatkan informasi dari berbagai sumber agar Anda tidak salah beli produk. Jangan sampai menyesal, sudah mengeluarkan uang dalam jumlah besar, namun justru mendapat pertanggungan yang kurang dari yang diharapkan karena hasil investasi tidak maksimal.

Segi positifnya, dengan memilih asuransi jenis unit link ini membuat Anda lebih disiplin dalam berinvestasi secara berkala, baik bulanan ataupun tahunan karena penyertaan investasi ditagihkan bersamaan dengan saat pembayaran premi.

Itulah jenis asuransi non tradisional yang menggabungkan manfaat proteksi dan investasi. Sedangkan jenis-jenis asuransi tradisional seperti asuransi berjangka (term life), asuransi whole life dan asuransi dwiguna (endowment).  Wujud asuransi yang ditawarkan biasanya berbentuk asuransi jiwa, asuransi pendidikan atau yang lebih tepat dikatakan sebagai asuransi untuk anak, asuransi kesehatan, asuransi kerugian (melindungi harta benda dari kecelakaan atau kebakaran), dan lain sebagainya. Dan tentunya berbagai jenis asuransi itu mempunyai manfaat utama memberikan perlindungan apapun bentuk dan jenisnya.